Selasa, 08 Januari 2019

5 Destinasi Wisata di Kota Solo yang Wajib di Kunjungi


1. Keraton Surakarta
Kalau kalian ingin belajar mengenai sejarah Solo lebih detail, berkunjunglah ke Keraton Surakarta. Bangunan ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur lebur akibat peristiwa Geger Pecinan tahun 1743 silam.

Sampai sekarang, bangunan ini masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan sekaligus menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Solo. Adapun kompleks di Keraton Surakarta dibagi menjadi: Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton, serta Kamagangan, yang masing-masing memiliki fungsi berbeda, salah satunya dipakai sebagai museum. Di tempat wisata di Solo ini, berbagai koleksi peninggalan kasunanan disimpan, seperti misalnya gamelan, replika pusaka keraton, dan benda-benda lain yang merupakan pemberian dari raja-raja Eropa.
2. Pura Mangkunegaran
Selain Keraton Kasunanan, Solo juga mempunyai Pura Mangkunegaran. Istana yang dibangun dengan sangat indah dan megah ini merupakan tempat kediaman resmi pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran. Bangunan yang terletak di Jalan Ronngowarsito ini telah berhasil menjadi pusat budaya dan seni Kota Solo. Beragam koleksi di dalam istana merupakan peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit.

Saat memasuki area pura/puro, Anda akan melihat halaman luas dan bangunan berarsitektur khas Eropa dengan tulisan Kavalerie-Artillerie. Begitu masuk ke bagian dalam pura, Anda akan disambut oleh pendopo bergaya Eropa-Jawa lengkap dengan seperangkat dengan gamelannya, Kyai Kanyut Mesem.
Bila memungkinkan, datanglah ke tempat wisata di Solo ini pada hari Rabu, sebab gelaran gamelan rutin akan diselenggarakan di sana setiap hari Rabu. Ada juga sanggar tari tradisional dan modern yang latihannya dilaksanakan setiap hari mulai pukul 15.00 sore. Saat masuk ke kawasan Pura, wisatawan akan ditemani oleh tour guide. Harga tiket masuk ke tempat wisata di Solo ini adalah sekitar Rp10.000 saja. Ada juga paket wisata Mangkunegaran Royal Dinner untuk Anda yang berminat menjajal sensasi makan malam dengan menu dan suasana kejawen khas keraton.
3. Pasar Klewer Solo
 Di Solo, ada salah satu destinasi favorit untuk Anda yang senang membeli kain atau batik, yaitu Pasar Klewer. Pasar tekstil terbesar di Solo ini menjual beragam kain batik, baik buatan pengrajin lokal maupun mancanegara. Ya, siapa sangka, orang luar negeri juga bisa membatik, lho.
Selain memiliki koleksi batik yang lengkap, di pasar yang ditempati sekitar 2.000 pedagang ini, Anda juga bisa menemukan item fashion lain seperti seragam sekolah lengkap dengan atributnya, jaket, kaus, pakaian, dan lain-lain. Ada juga jasa jahit yang siap membantu memenuhi permintaan dan selera berpakaian Anda.
Di Pasar Klewer, Anda bisa memuaskan hasrat belanja batik tanpa takut kantong jebol. Ya, tempat wisata di Solo ini memang surganya batik khas Solo yang murah dan berkualitas. 
4. Museum Manusia Purba Sangiran
Letaknya memang tidak berada persis di Kota Solo. Namun, objek wisata ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat sedang berada di Solo. Seperti namanya, Museum Manusia Purba Sangiran merupakan sebuah museum arkeologi yang berlokasi di Desa Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah.

Objek wisata sejarah-edukasi ini letaknya tidak jauh dari situs fosil purbakala Sangiran, yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Dengan luas sekitar 56 km persegi, tempat ini tidak hanya difungsikan sebagai destinasi wisata, tapi juga pusat penelitian oleh arkeolog dari dalam dan luar negeri yang ingin mengetahui kehidupan manusia pada zaman prasejarah.
Selain fosil rahang bawah Pithecanthropus erectus, di sini juga ditemukan jejak tinggalan masa lampau yang usianya 200.000 sampai 2 juta tahun.
5. Umbul Ponggok Klaten
Umbul Ponggok Klaten, tempat wisata air di Klaten bisa untuk snorkeling dan diving yang mengasyikan yang bisa Anda coba. Asal mula nama Umbul Ponggok berasal dari dua kata, yaitu “Umbul” yang berarti mata air dan “Ponggok” adalah nama desa di mana umbul itu berada.

Umbul Ponggok itu adalah mata air yang berada di sebuah Desa Ponggok yang berada di Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Menurut cerita umbul itu sudah ada sejak ratusan tahun silam, dan keberadaan umbul Ponggok pada masa penjajahan Belanda berfungsi untuk pengairan perkebunan, dan di tahun-tahun terakhir ini dipergunakan juga untuk tempat wisata air.
Kolam Umbul Ponggok ini memiliki ukuran 50 x 25 meter dengan kedalaman air rata-rata 1,5 – 2,6 meter. Snorkeling di tempat ini Anda tidak perlu takut akan terbawa gelombang, karena di tempat ini bukanlah dilaut melinkan di sumber mata air alami yang segar dan jernih dengan banyak jenis ikan yang hidup di dalamnya.
Kolam di Umbul Ponggok ini berbeda dengan kolam lainnya, dasar kolam ini tidak berupa lantai keramik melainkan masih alami yang berupa pasir dan beberapa bebatuan yang juga berisi ribuan ikan yang mempercantik keindahan kolam.
Meski dipenuhi oleh ikan, namun air di umbul Ponggok ini sangat jernih. Hal ini dikarenakan adanya sumber mata iar alami yang mengalir terus -menerus, sehingga air akan terus jernih dan terjaga kebersihannya.
Tema : 5 Destinasi Wisata di Kota Solo Raya yang Wajib di Kunjungi,. Versi: Massaputra

Daftar Pustaka : 
http://kampoengilmu.com/umbul-ponggok-klaten/

http://anekatempatwisata.com/tempat-wisata-di-solo/#

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Cahayu Organizer

Cahayu Organizer
Cahayu Organizer

Translate